Sabtu, 15 Mei 2010


LONDON - Pelatih Inggris Fabio Capello mulai berpikir untuk mengubah taktik skuadnya di Piala Dunia nanti. Mantan pelatih AC Milan ini mulai menimang-nimang pilihan untuk bermain hanya dengan menempatkan tiga orang di lini belakang.

Seperti dikutip BBC, Don Fabio perlu mengubah formasi dari 4-4-2 ke 3-5-2 jika pemain tengah Gareth Barry tidak dapat bergabung dalam tim akibat cedera engkelnya.

Jika benar dilakukan, Fabio melakukan hal yang belum pernah dia coba semenjak dia menangani Inggris 2008 lalu. Formasi ini pernah dipakai oleh pendahulunya Steve McLaren pada 2006 saat Three Lions ditekuk Kroasia 2-0.

“Piala Dunia empat pekan lagi untuk dimulai, masih ada kesempatan untuk menerapkan tiga pertahanan saat melawan AS di Rustenburg (12 Juni),” ujar analis sepakbola Radio BBC, Ian Dennis, Jumat (14/5/2010).Capello menyampaikan rencana itu dalam acara Hall of Fame Kamis 13 Mei 2010.

Selama kariernya sebagai pelatih, Capello tidak pernah memakai wing bek, namun menurut Ian, dia memang patut mempertimbangkan perubahan formasi jika Barry tidak dapat pulih dari cedera.

“Memang Inggris bermain dengan tiga bek ketika gagal di kualifikasi Piala Eropa 2008, tapi setidaknya dia mempunyai waktu untuk menyiapkan sistem yang berhasil ketika di Piala Dunia Italia 1990 ini,” katanya.

Empat tahun lalu Inggris menerapkan 3-5-2 dan berakhir dengan bencana karena disingkirkan Kroasia.

Capello sebelumnya memberikan kejuatan kepada publik dengan daftar skuad sementaranya. Dia memanggil pemain bertahan Liverpool Jamie Carragher yang sudah tidak memperkuat Inggris sejak 2007.

Sementara Rio Ferdinand dan Ledley King yang masih masa pemulihan dari cedera, juga dipanggil Capello. Kritik pedas juga dilontarakan lantaran John Terry yang dianggap menurun performanya selama musim ini tetap dipanggil ke timnas Inggris.

Barry sendiri bermain delapan kali dalam 10 pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Selama Inggris dipimpin Capello Barry mengantongi 20 dari 36 kaps internasionalnya. Pemain tengah Manchester City ini masih masuk dalam daftar pemain meski kondisinya baru akan dicek 24 Mei mendatang.

Sebelumnya pada 7 Mei lalu, pihak Manchester City menyatakan engkel yang dialami Barry diperkirakan membekapnya selama 4 pekan.
(fit)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar,komentar anda bermanfaat bagi saya

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More